Kamis, 03 Februari 2011

Teori Keadilan dalam Islam

Kadang kita sering berbicara lantang tetang KEADILAN, walaupun apa yang kita teriakan itu belum tentu sesuai dengan makna keadilan itu sendiri. Manakala hak-hak kita merasa terusik… kita katakan itu TIDAK ADIL.

Kalau kita merujuk kepada teori keadilan dalam islam, yaitu apa yang telah difirmankan Allah S.W.T sebagai berikut; "Wahai orang-orang yang beriman, jadikanlah kamu orang-orang yang benar-benar menegakkan keadilan, menjadi saksi karena Allah, biarpun terhadap dirimu sendiri ataupun ibu, bapakmu dan kaum keluargamu. jika ia kaya ataupun miskin, Allah lebih mengetahui keadaan keduanya, maka janganlah kamu mengikuti hawa nafsu, sehingga kamu tidak berlaku adil. jika kamu memutarbalikkan, atau enggan menjadi saksi, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala apa yang kamu kerjakan” (Q.S. an-Nisa:135). Ini bukan sekedar teori manusia belaka, tetapi firman Allah SWT yang tertuang dalam al-Quranul karim.

Hujjatul Islam Bahman Pur seorang ulama yang banyak mengkaji kitab Nahjul Balaghah, mengatakan: "Keadilan adalah salah satu prinsip agama Illahi". Allah SWT banyak mengungkapkan masalah ini dalam al-Quran, termasuk dalam ayat yang artinya:"Sesungguhnya Allah memerintahkan kalian agar berlaku adil, baik dan dermawan kepada kaum kerabat, dan melarang kalian dari kekejian, munkar dan pelanggaran".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar